Sabtu, 13 Oktober 2018

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Istilah 'Doujin' dan 'Doujinshi'

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Istilah 'Doujin' dan 'Doujinshi'

ANIMENYUS.COM  - Di dalam dunia anime ada banyak istilah yang mungkin tidak semua penggemar mengetahuinya, salah satu contohnya adalah "Doujin" dan "Doujinshi".

Doujinshi sendiri adalah karya yang diterbitkan sendiri (individu) seperti manga atau artbook, dan doujin adalah kelompok yang menerbitkannya.

Tetapi belakangan ini kedua istilah tersebut digunakan hampir secara bergantian. 

Ada puluhan ribu kelompok doujin (35.000 menghadiri acara Komik Musim Panas 2016), dan jumlah total doujinshi yang diterbitkan setiap tahun tentunya bisa ditebak, pasti lebih dari satu juta.

Ada istilah lain yang akan Anda dengar dan banyak sehubungan dengan topik ini, dan itu adalah "Circle".

Itu adalah istilah yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris (dan terkadang bahasa Jepang) untuk "grup doujin".

Doujin secara harfiah berarti "orang yang sama" dan sebuah circle yang pada dasarnya adalah sekelompok individu yang berpikiran sama yang bersama-sama membuat doujinshi tentang kesukaan mereka.

Mungkin seri seperti Shingeki no Kyoujin atau Haikyuu, seri demografi seperti shoujo, atau bisa juga tema seperti BL (Boys Love), ada juga circle yang mengkhususkan diri dalam judul Shounen Jump, yang berfokus pada fetish tertentu (seperti furries), bahkan pada benda mati yang nyata seperti kereta api atau ramen.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Istilah "Doujin" dan "Doujinshi"

Comiket yang diadakan dua kali setahun adalah tempat yang bagus untuk para pembuat doujin, tiga hari di Tokyo Big Sight yang tentunya diorganisir oleh tema tertentu, Comiket juga merupakan salah satu acara cosplay terbesar di dunia, dan hampir setengah dari ruang acara diisi oleh kepentingan perusahaan dari industri anime.

Jangan salah mengira, ternyata anime dan manga adalah bisnis besar, penerbitan Blu-ray, penjualan DVD, merchandising, mempromosikan penjualan materi sumber seperti manga dan novel ringan dan lisensi internasional, belum lagi crossover dengan idola dan industri rekaman umum dan tentunya juga ada banyak uang yang dihasilkan.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Istilah "Doujin" dan "Doujinshi"

Tetapi pertimbangkan ini. Acara anime dan manga terbesar di dunia seperti Comiket tidak dipentaskan oleh perusahaan produksi, distributor atau penerbit manga / LN.

Comiket dipentaskan oleh para pencipta doujinshi, industri ini hadir di sana sekarang, tetapi sebelumnya tidak dimulai seperti itu, comiket memulai debutnya sebagai kumpulan beberapa lusin seniman dan hanya menarik 600 peserta.

Bagaimana industri rumahan kecil (dan secara teknis ilegal) ini tumbuh menjadi mitra de facto dari dunia anime dan manga / LN korporat?

Jawaban singkatnya cukup sederhana, industri anime yang dibuat menjadi doujinshi sangat membantu bisnis mereka, meningkatnya popularitas doujinshi membantu meningkatkan popularitas waralaba yang mereka ciptakan.

Perjalanan ke Akihabara atau Ikebukuro (atau Kota Den-Den Osaka) mengungkap pentingnya doujinshi dalam urusan sehari-hari industri anime Jepang.

Secara historis, banyak mangaka dan penulis terkenal (seperti Akamatsu Ken) memiliki bulan sebagai penulis doujin, biasanya dengan nama samaran.

Identitas mereka yang sebenarnya umumnya diketahui oleh penggemar fanatik mereka, dan ini memungkinkan mereka untuk menghasilkan materi (seringkali 18+) yang tidak dapat mereka hasilkan melalui penerbit mereka.

Selain itu, ada tokoh industri penting seperti Hisaya Naoki yang memulai bagai bagian dari circle doujin (Hisaya masih menulis doujin hari ini).

Mungkin yang paling luar biasa adalah evolusi yang telah kita lihat dalam hubungan antara pembuat doujin dan studio besar beserta penerbitnya, koneksi alami terus berkembang, tetapi bisnis anime sekarang secara aktif berusaha menggunakan komunitas doujin sebagai "sistem pertanian" mereka.

Doujinshi telah menjadi penghasil pendapatan tidak langsung bagi perusahaan studio dan penerbit selama bertahun-tahun, dan itu hal yang baik bagi para pembuat doujin sendiri dalam arti bahwa beberapa dari mereka melihat lebih banyak pendapatan dari pekerjaan mereka daripada sebelumnya, dan bahkan menggunakannya sebagai jembatan menuju karier profesional sebagai penulis atau artis


Sumber: MyAnimeList

Next

Related