Jumat, 05 Oktober 2018

Mengapa 'Hubungan Terlarang' Muncul Begitu Sering Dalam Anime?

Mengapa Incest Muncul Begitu Sering Dalam Anime?

ANIMENYUS.COM - Anime sering mengeksplorasi topik yang tabu dalam banyak kebudayaan, misalnya seksualitas, secara umum seksualitas adalah topik yang sangat sensitif di Amerika Serikat serta negara lain dan biasanya tidak disambut baik oleh khalayak umum.

Namun, ada satu hal tabu tertentu yang cenderung muncul di anime lebih sering daripada bentuk media lain yaitu hubungan terlarang seperti incest.

Incest sendiri merupakan hubungan romantis atau seksual terlarang antara anggota keluarga.

Banyak contoh anime dengan karakter incest, seperti Kyoukai no Kanata, Kiss x Sis, Koi Kaze, Tenshi Kinryouku, Candy Boy, Fruits Basket, dan banyak lagi. 

Tujuan dari tema incest tersebut bervariasi di masing-masing acara, namun mereka semua memilikinya sampai taraf tertentu.

Pertanyaan yang banyak adalah mengapa? mengapa incest adalah kejadian umum dan bagaimana itu menjadi topik yang lebih diterima dalam budaya Jepang dan anime? 

Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa hal itu mungkin ada hubungannya dengan bagaimana Jepang berbeda dalam pandangan tentang seksualitas dari sebagian besar negara lain.

Anime adalah seni, dan seperti bentuk seni apa pun, itu bisa sangat ekspresif tentang keyakinan. 

Di Jepang, seks adalah topik yang jauh lebih nyaman dan terbuka yang jauh lebih mudah untuk didiskusikan daripada di Barat atau belahan Bumi lainnya. 

Hal ini membuat topik yang mengelilinginya jauh lebih mungkin muncul dalam banyak bentuk seni mereka, termasuk anime. 

Apa pun alasannya, seharusnya tidak sulit untuk percaya bahwa incest hanyalah topik lain yang mungkin diekspresikan melalui seni.

Di Jepang, saudara kandung biasanya dianggap sebagai pengasuh dan cenderung mengambil lebih banyak tanggung jawab dalam menawarkan bimbingan untuk adik-adik mereka. 

Mengapa Incest Muncul Begitu Sering Dalam Anime?

Ada banyak alasan mengapa tema incest mungkin digunakan di anime, meskipun tidak mungkin terjadi dalam skenario dunia nyata, menjajaki kemungkinan incest antara saudara kandung yang didasarkan pada pengetahuan ini adalah sesuatu yang dapat menghibur atau merangsang pikiran.

Banyak anime yang memiliki tema incest adalah judul shoujo. 

Faktanya, banyak contoh di atas adalah shoujo, Shoujo adalah anime yang biasanya ditujukan untuk pemirsa wanita muda dan biasanya berpusat di sekitar hubungan pribadi dan romantis. 

Incest dapat digunakan sebagai tema di sini karena dapat menjadi pengalaman yang sangat emosional, dan bukan hanya hubungan fisik. 

Ketika hal tabu ini digunakan dalam sebuah cerita yang berfokus pada upaya untuk menemukan cinta atau untuk mengeksplorasi keinginan mendalam seseorang untuk romansa, itu dapat menghasilkan respons emosional yang kuat bagi para pemirsa.

Dengan fakta bahwa incest dapat ditemukan dalam beberapa bentuk atau lainnya di sebagian besar anime, jelas ada penonton individu yang suka melihat materi ini dalam hiburan mereka. 

Ada pasar untuk jenis konten ini, jadi secara logis tidak ada alasan nyata bagi individu yang membuat materi tersebut berhenti.

Saya berharap bahwa saya telah berhasil memberikan beberapa kejelasan terhadap beberapa kemungkinan alasan mengapa incest muncul begitu sering di anime. 

Ini adalah topik yang memiliki potensi untuk membuat orang tidak nyaman, tetapi setidaknya baik untuk memiliki perspektif tentang mengapa itu ada tanpa benar-benar melihatnya sebagai topik seksual.


Sumber: MyAnimeList

Next

Related