Minggu, 30 September 2018

Topan Kuat Mendekati Barat Daya Jepang, Penduduk Waspada

Topan Kuat Mendekati Barat Daya Jepang, Penduduk Waspada

ANIMENYUS.COM - Topan kuat bergerak lebih dekat ke pulau utama Jepang di barat daya Kyushu pada hari Minggu (30/09/2018).

Lembaga cuaca mengatakan bahwa topan menyebabkan banyak orang terluka dan transportasi terganggu.

Topan Trami diperkirakan akan mendarat kemudian di Jepang barat, mendorong perusahaan kereta api dan maskapai penerbangan untuk membatalkan layanan di daerah yang terkena dampak.

Bandara Internasional Kansai di Osaka, yang sementara lumpuh akibat topan pada awal bulan, akan ditutup dari Minggu jam 11 pagi hingga Senin jam 6 pagi, kata pihak bandara.

Pada jam 8 Minggu pagi, topan ke-24 musim ini melakukan perjalanan dekat Pulau Yakushima di Prefektur Kagoshima, selatan Kyushu, dengan kecepatan 45 kilometer per jam, dengan tekanan atmosfer 950 hektopascal di pusatnya dan pengepakan angin hingga 216 kilometer per jam, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Di kota Minami Osumi dan Yakushima, keduanya di Kagoshima, curah hujan setiap jam mencapai 120 milimeter, kata badan itu.

Lebih dari 900 penerbangan telah dibatalkan, yang mempengaruhi lebih dari 70.000 penumpang, sementara layanan shinkansen antara Tokyo, Shin-Osaka dan stasiun Hiroshima akan dihentikan pada sore hari dengan banyak jalur lokal di Jepang barat juga akan ditangguhkan.

Universal Studios Jepang mengatakan akan menutup taman bertema di Osaka.

Topan itu menewaskan sedikitnya 25 orang di Okinawa yang terluka oleh kaca dari jendela yang pecah atau karena tertiup angin kencang, menurut pemerintah setempat.

Maskapai termasuk Japan Airlines Co. dan All Nippon Airways Co. membatalkan lebih dari 400 penerbangan dari atau ke bandara di Okinawa dan Kagoshima prefektur.

Lebih dari separuh kotamadya di Okinawa menutup stasiun pemungutan suara awal mereka menjelang pemilihan gubernur yang dijadwalkan hari Minggu, kata komisi administrasi pemilihan prefektur.

Jepang telah dilanda serangkaian topan tahun ini, termasuk Topan Prapiroon, yang menyebabkan hujan lebat dan menyebabkan banjir dan longsor di Jepang barat.

Baca Juga: Tahta Takamikura Sudah Tiba di Tokyo, Putra Mahkota Naruhito Segera Dilantik Menjadi Kaisar Jepang

Sumber: Japan Today

Next

Related