Minggu, 16 September 2018

Tidak Jadi Tamat, ‘Gintama’ Berlanjut di Majalah Jump Giga


Sudah diumumkan Agustus kemarin bahwa tamatnya “Gintama” sudah dekat namun berkat “kecerobohan” Hideaki Sorachi selaku mangaka seri ini, manga komedi ini ternyata masih akan berlanjut, walaupun harus pindah ke majalah lain.


Bab baru akan hadir di edisi musim dingin majalah Jump Giga, dimana ceritanya “masih akan berlanjut sedikit lagi”. Sorahi mengatakan kalau di Shounen Jump terdapat sistem dimana mangaka yang ingin menamatkan serinya harus melapor pada pihak editorial setengah tahun sebelum bab terakhir. Hanya saja Sorachi ternyata masih butuh lebih banyak halaman yang tidak cukup untuk majalah mingguan seperti Shounen Jump, oleh karena itulah pemindahan dilakukan.

Sorachi meminta maaf pada para pembaca, terutama mereka yang cuma “membaca sepintas Jump” karena gagal menamatkan seri ini di majalah mingguannya.

Hideaki Sorachi menerbitkan manga pada tahun 2004 dan telah mencetak 55 Juta kopi manga di Jepang. Shueisha telah mempublikasikan volume 74 pada 3 Agustus kemarin.

Arc terakhir manga ini adalah “Silver Soul” yang dimulai Juli 2016 dulu. Sementara anime-nya juga sudah memasuki arc tersebut pada bulan Januari.

Saya sendiri sebenarnya kaget editorial mengijinkan dia untuk menamatkannya dengan lebih rapi, biasanya di kasus seperti ini si mangaka diburu-buru agar tamat.

Sumber: ANN

Next

Related