Rabu, 12 September 2018

Produser Musik Anime Memprediksi Berakhirnya Lagu Pendek untuk Pembuka & Penutup Anime


Produser musik anime Akihiro Tomita lewat presentasi  “Anime Industry Cross-Talk” di Shinjuku pada 9 September mengatakan bahwa keberadaan Netflix dan streaming akan mengubah penggunaan dan durasi dari lagu tema anime baik untuk pembuka dan penutupnya.

Tomita mengatakan bahwa lagu durasi 90 detik adalah standar anime televisi Jepang. Namun layanan streaming, terutama Netflix; memotong lagu penutup agar lebih pendek dan langsung memutar episode selanjutnya. Saat model binge watch Netflix mulai menjadi norma di Jepang, lagu anime juga harus beradaptasi dengan perubahan ini.

B: The Beginning adalah contoh dari perubahan ini, yang menggunakan lagu pembuka instrumental tanpa credits stafnya. Sebagai gantinya lagu penutupnya panjangnya 2:30 menit dan berisikan credits yang biasanya ditampilkan di pembukaannya.

Tomoita memprediksi lagu yang disiapkan untuk jadi lagu tema sebagai gantinya akan menjadi insert song adegan tertentu. Memang sebuah seri bisa jadi terkenal akibat lagu tema yang ikonik, namun dengan model Netflix lebih masuk akal bila lagu digunakan untuk adegan penting anime.

Tomita menutup presentasi dengan mengatakan “Logika penayangan TV tidak berlaku lagi di era streaming”.

Akihiro Tomita adalah salah satu pendiri dari perusahan produksi musik Hifumi. Dia bekerjasama dengan penyanyi seperti Maon Kurosaki dan ClariS. Presentasi juga dihadiri oleh Yoshitada Fukuhara yang melihat semakin dekatnya produksi anime China mengejar kualitas anime Jepang dan Seiji Mizushima yang mempresentasikan praktik penggunaan animasi kertas yang akan digantikan sepenuhnya oleh animasi digital.

Sumber: ANN

Next

Related