Minggu, 26 Agustus 2018

Hataraku Saibou ep 7 Dipuji Tinggi Dokter Kanker Asli!


Anime Hataraku Saibou adalah salah satu seri yang terpopuler dalam musim ini, berkat konsepnya yang begitu menarik. Mengisahkan aktivitas sel tubuh, yang bisa mendidik penonton akan bagaimana sel-sel tersebut bekerja, dari sel darah putih, keping darah-chan, dan lain-lain. Tapi bagaimanakah seri itu dari pandangan orang dunia medis? Ternyata positif! Yang terbukti saat seorang dokter asli memuji Hataraku Saibou ep 7.

Dalam episode 7 Hataraku Saibou yang tayang kemarin-kemarin, para sel tubuh menghadapi lawan yang lebih serius daripada musuh-musuh mereka yang sebelumnya. Lawan yang dalam dunia nyata ini juga begitu ditakuti, Sel Kanker.




Dan penggambaran yang diberikan akan karakter Sel Kanker dalam anime itu, diberikan pujian yang tinggi oleh seorang dokter kanker bernama Ohtsuka Satoru. Ia adalah seorang pasca sarjana asal Jepang dari departemen molekuler onkologi Universitas Sekolah Kesehatan di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Ia mengatakan melalui Twitter miliknya kalau konten yang diberikan dalam penggambaran para sel kekebalan tubuh yang bertarung melawan sel kanker saat stage awal itu sangat akurat bahkan saat dilihat dari sudut pandang seorang peneliti kanker.




Ia kemudian menjelaskan lagi, bahwa pertarungan antar sel kekebalan tubuh VS sel kanker ini memang terjadi ratusan kali sehari dalam tubuh, karena itu sakit kanker jarang terjadi. Tapi terciptanya sel kanker lebih banyak/sering lagi pada orang tua, dan sel kekebalan tubuh lama-lama tak dapat menanganinya karena jumlahnya yang banyak, jadi ada yang lolos dari stage awal.

Ketika kanker mulai tumbuh, sel itu memakai banyak nutrisi, jadi menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba. Ohtsuka mengatakan kalau penurunan berat tiba-tiba seperti itu belum tentu pasti kanker, tapi membaca Hataraku Saibou bisa membuat orang lebih mudah sadar kalau itu bisa jadi gejalanya.

Dokter Ohtsuka kemudian memberikan rekomendasi tinggi pada manga Hataraku Saibou, dan memberikan link Amazon manga itu. Ia berpendapat kalau manga itu berhasil menceritakan cara kerja sel tubuh dalam cara yang menarik dan akurat. Dan mengatakan kalau baik orang dewasa maupun anak-anak dapat belajar dari animanga tersebut.

Ia juga berterima kasih akan anime Hataraku Saibou, berpendapat kalau anime itu bisa membantu orang-orang lebih mengerti akan penyakit dan mekanisme kerjanya, yang dapat meningkatkan komunikasi antara dokter dan pasien, dan melawan pemberian keterangan/info medis yang salah.


Next

Related