Rabu, 29 Agustus 2018

H-Mangaka Mengungkap Pengalaman Buruk dengan Mantan Penerbitnya


Mangaka H yang juga aktif di pasar doujin @con_beef, lewat akun twitternya mengungkap pengalaman buruknya dengan mantan penerbit. Karena kejadian itu dia mengaku ingin “berhenti membuat manga dan hidup”.

Dirinya mengatakan departemen editorial hanya akan membayar 80.000 Yen (sekitar 10 juta Rupiah) sebulan. Juga, departemen editorial tidak mau membayar apa pun setelah menolak 200 halaman naskah. Dirinya juga dikenakan tuntutan yang tidak masuk akal soal Comiket oleh para editor.

Dirinya dibayar 7.000 Yen (sekitar 900 ribu Rupiah) per halaman setiap bulan lainnya. Dalam tweet yang sama,d ia mengaku tidak dapat hidup dengan bayaran serendah itu, jadi dia meminta bekerja bersamaa dengan perusahaan lain untuk menambah penghasilan mereka. Namun, editor menolaknya dan juga memberi tahu mereka bahwa mereka tidak cukup populer untuk menambah pekerjaan untuk majalah lain di perusahaan yang sama.

Dalam tweet lain, dia mengatakan bahwa dengan tawa dirinya diberitahu “Kami benar-benar bersyukur bahwa doujinshi membuatmu lebih terkenal! Oh, tapi tolong berhenti menjadi bocah doujin seperti itu!”. Dia menambahkan, “Bagaimanapun juga, saya minta maaf kepada orang-orang yang mengatakan bahwa mereka menginginkan volume kompilasi. Itu sangat sulit. Tapi saya tidak bisa lagi menggambar di sana.”

Dirinya juga menampilkan sampel naskah yang ditolak.

Lihat gambar di Twitter
ボツになったので、一生日の目を見ることも無かったであろうこのページを見てくれ…いいよね載せても。原稿料発生してないんだからこれは自分の絵だし。発生してても自分の絵だし。

Dia akhirnya menulis, “Tidak ada surga sebagai tempat pelarian, hanya saja bila dirimu sudah sehancur ini kamu hanya bisa lari”.

Sumber: ANN

Header: con_beef












Next

Related