Beberapa Fakta Seputar Clash Of Clans belum kamu ketahui!


Clash of Clans merupakan game terkenal di masanya, khususnya di Indonesia. Bahkan, sampai sekarang masih banyak yang memainkannya. Tetapi, apakah kamu mengetahui fakta unik Clash of Clans berikut ini?

Clash of Clans merupakan game simulasi sekaligus Real Time Strategy (RTS) yang bernuansa zaman dahulu. Kamu bisa membuat desamu semakin maju dan sukses dengan merampas harta di desa-desa lainnya.

Namun game ini sudah tidak laku lagi karna para gamers sudah berpindah ke game genre Moba, FPS, RPG, dan game menarik lainnya.

1.Bukan Game Pertama Supercell

Mungkin semua sudah tahu kalau Clash of Clans adalah game buatan developer asal Finlandia bernama Supercell. Gimana engga, setiap kali masuk akan ada intro bertulisan Supercell.

Namun, mungkin ada yang belum tau kalau Clash of Clans bukan game pertama Supercell. Game pertama mereka aalah Gunshine.net.

Game tersebut adalah game zombie yang dibuat bukan di platform mobile melainkan game browser, tetapi kemudian di adopsi ke layar smartphone tak lama kemudian. Game ini sempat sukses, namun pada akhirnya dihapus karena terlalu sulit dimainkan.

2. Game Sukses Supercell Pertama

Gunshine.net adalah game pertama rilisan Supercell, namun itu bukan game yang membuat mereka sukses. Game pertama yang membuat mereka sukses adalah HayDay.

Ya, di Indonesia pun pemain HayDay ada cukup banyak. Berkat kesuksesan ini, tim Supercell bisa mengumpulkan berbagai macam modal untuk game berikutnya yaitu Clash of Clans.

3. Asal Muasal Nama P.E.K.K.A

P.E.K.K.A merupakan salah satu pasukan paling terkenal di dalam game ini. Tetapi sampai sekarang banyak orang yang tidak tahu apa itu kepanjangannya.

Bahkan, penulis yakin bahwa banyak juga yang tidak menyangkan kalau P.E.K.K.A adalah perempuan. Sebenarnya, namanya sendiri muncul dari sebuah kompetisi yang diadakan oleh Supercell di Facebook.

Uniknya lagi, PEKKA adalah nama yang biasanya digunakan untuk asosiasi laki-laki di Finlandia. Terlepas semua itu, PEKKA akan identik dengan pasukan elit dari Clash of Clans.

4. Melatih Pasukan Pernah Selama Itu!

Jika kamu mainkan Clash of Clans sekarang, maka kamu akan merasa melatih pasukan itu memerlukan waktu yang cukup lama ya.

Tapi jangan salah, justru melatih pasukan ketika awal-awal game ini rilis jauh lebih lama lagi. Patch 3.25 yang dirilis pada Mei 2016 merupakan patch yang membuat pasukan ‘dimasak’ lebih cepat.

Mari kita ambil contoh. Saat ini, pasukan yang paling lama untuk dimasak adalah Lava Hound dan Golem. Sekarang memasaknya butuh waktu 10 menit. Lama? Sebelumnya, kedua pasukan ini dimasak 45 menit masing-masing! Bahkan, sistem memasak pasukan tidak seperti sekarang. Pasukan dibagi ke masing-maisng baracks.

Ketika game ini masih ngetren, banyak orang yang rela menunggu dan juga mempercepat waktunya dengan menggunakan gems. Namun, ternyata hal ini yang membuat pemain baru cepat meninggalkan Clash of Clans. Alhasil, Patch 3.25 pun hadir.

5. Apa Jadinya Kalau Bermain 8 Jam Berturut-Turut?

Supercell ternyata merupakan sebuah perusahaan game yang memedulikan kesehatan para penggemarnya (masa sih?!). Ya, ketika kamu berada di dalam game selama lebih dari 8 jam, kamu akan secara otomatis dikeluarkan dari aplikasi.

Tetapi ternyata hal ini merupakan salah satu cara Supercell untuk mengurangi para pemain yang melakukan taktik curang dengan tidak keluar dari aplikasi agar desanya tidak diserang dan loot-nya aman.

Pesan untuk para pemain, tidak perlu melakukan trik ini karena selain menguras baterai, kamu akan terlalu terfokus pada game dan bukan kepada dunia nyata (hasekk).

6. Terlalu Cepat Menaikkan Town Hall Adalah Strategi Salah

Sebagai pemain baru, tentu memburu-burukan Town Hall atau gedung utama di desa kamu merupakan hal yang biasa dan sering kita lihat.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata terlalu memburu-burukan menaikkan level Town Hall tidak baik. Berdasarkan data dari Supercell, jika kamu menyerang Town Hall yang sama atau satu level di atas, maka loot yang kamu dapati adalah 100% dari yang bisa kamu terima.

Namun, jika kamu menyerang Town Hall dua level di bawah kamu, kamu hanya akan mendapatkan loot sebanyak 75% dari total yang bisa kamu curi.

Sebaliknya, orang yang memiliki dua level Town Hall di bawah kamu, kamu akan dirampas lebih banyak lagi. Hal ini yang membuat kamu seharusnya memaksimalkan terlebih dahulu defense maupun gedung-gedung lainnya sebelum menaikkan level ke Town Hall berikutnya.

7. Telah Menghasilkan Banyak Uang

Walaupun Clash of Clans adalah game tidak berbayar, namun game ini memiliki penghasilan yang besar sekali. Hal ini tidak terlepas dari para pemainnya membeli gems untuk bertahan di peringkat atas.

Melalui tiga game, Boom Beach, HayDay, dan Clash of Clans, telah menghasilkan $1,7 milyar di tahun 2014 dan $2,3 milyar di tahun 2015. Bahkan, perusahaan asal Finlandia ini sempat menghasilkan uang sebesar $5 juta per hari hanya dari Clash of Clans.

Hal ini memberikan pelajaran baru khususnya bagi para developer kalau game yang berbasis waktu sama dengan penghasilan tinggi.

8. Pengen Cepet Jago, Harus Sering Gesek Kartu Kredit

Jika kamu ingin bersaing di peringkat tertinggi Clash of Clans, maka tidak perlu dipungkiri lagi kalau kamu harus mengeluarkan banyak uang.

Bahkan, menurut laporan, 50% penghasilan Clash of Clans berasal dari 10% pemainnya yang menempati peringkat-peringkat teratas.

Hal ini menunjukkan bahwa jika kamu ingin sukses di Clash of Clans, tentu kamu harus membayar lebih.

9. Pernah Mencapai 30 Juta Pengguna

Ketika masa jayanya, Clash of Clans pernah mencapai 30 juta pengguna aktif dalam seharinya di tahun 2015. Sebagai sebuah game mobile, angka 10 juta saja sudah dianggap banyak.

Namun, lagi-lagi Clash of Clans menjadi pionir dengan memecahkan rekor jumlah pengguna aktif dalam sehari.

10. Clash of Clans hanya Dijalankan 15 Orang

Kamu pasti  akan berpikir bahwa Supercell pasti memiliki banyak pekerja untuk menggerakkan Clash of Clans. Ternyata tidak. Hanya 15 orang yang difokuskan untuk menjalankan kesuksesan dari game ini.

Walaupun hanya dengan jumlah pekerja sedikit, dedikasi mereka untuk kesuksesan game ini sangat patut dicontoh. Mereka tidak hanya melihat dari segi bisnis, melainkan juga memerhatikan bagaimana game ini tetap seru dan tidak bosan ketika bermain.


Next

Related